HyperSmash.com TAMPIL CANTIK MEMPESONA: Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan aloe vera banyak kita jumpai di sekeliling kita. Tanaman ini merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika.  Sejak ribuan tahun lalu, bangsa Mesir sudah mengetahui manfaat lidah buaya ini, bahkan konon bangsa Mesir menyebutnya sebagai tanaman keabadian karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Lidah buaya mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Karena kandungannya tersebut, maka lidah buaya dapat juga digunakan untuk pengobatan herbal. Ada sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, tapi yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini mengandung sekitar 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.


Di Indonesia, lidah buaya sering digunakan untuk perawatan rambut, tetapi kini banyak produk perawatan kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahan dasarnya. Dalam Journal of Ethnopharmacology telah dibuktikan bahwa lidah buaya efektif juga dalam membantu penyembuhan luka bakar dan mengatasi iritasi kulit. Hal ini karena sifatnya yang bisa menyejukkan, menyegarkan, dan meredakan peradangan pada kulit, sehingga lidah buaya cocok diaplikasikan pada segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif.
Selain bermanfaat untuk rambut dan kulit, ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari lidah buaya ini, antara lain :
  • Sebagai detox
Jus lidah buaya selain sebagai peluruh racun yang alami, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres.
  • Mengatasi gagguan pencernaan
Lidah buaya juga berguna untuk kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.
  • Mengatasi gangguan kesehatan mulut.
Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada mulut dan gusi.
  • Mengatasi diabetes
Lidah buaya juga terbukti mengurangi kadar gula darah. Setengah sendok jus lidah buaya yang dikonsumsi dalam 14 minggu dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 45%
  • Sebagai obat pencahar
Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang berguna sebagai obat pencahar yang kuat.
  • Menurunkan berat badan
Bagi yang ingin diet, jus lidah buaya baik juga dikonsumsi.
  • Untuk kekebalan tubuh
Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengatasi ketombe
Selain digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas, lidah buaya juga bermanfaat membantu mengatasi gatal dan ketombe.

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun