HyperSmash.com TAMPIL CANTIK MEMPESONA: Kekurangan Nutrisi Menyebabkan Rambut Rontok

Kekurangan Nutrisi Menyebabkan Rambut Rontok

Memiliki rambut yang sehat dan lebat adalah idaman setiap orang baik wanita maupun pria, sebab rambut yang sehat dan indah akan membuat penampilan seseorang menjadi menarik. Namun beberapa  hal seperti kerontokan rambut menjadi masalah sebagian besar orang.
Rambut rontok adalah hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapa saja, bahkan rambut normal bisa rontok 50 hingga 100 helai per harinya namun apabila kerontokan tersebut lebih dari 100 helai setiap harinya maka akan menimbulkan kebotakan dan tentunya hal ini tidak diinginkan baik oleh wanita maupun pria karena hal ini akan menimbulkan krisis percaya diri.

Berbagai macam penyebab rontoknya rambut, bisa karena faktor perawatan yang salah, cuaca atau gangguan pada kulit kepala, dsb. Tetapi salah satu penyebab rambut rontok yang sering tidak kita sadari adalah penerapan pola diet yang salah dan hal ini sering terjadi pada wanita. Karena mereka menginginkan tubuh yang langsing mereka berdiet dengan menghilangkan asupan gizi yang seharusnya dikonsumsi oleh tubuh.


Penerapan diet yang salah akan mengakibatkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh atau yang disebut juga dengan malnutrisi. Seringkali untuk mendapatkan tubuh yang langsing orang mengurangi atau bahkan menghilangkan asupan protein dan hal ini mengakibatkan ketidak seimbangan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Rambut seperti halnya juga bagian tubuh yang lain memerlukan nutrisi yang cukup untuk membuat rambut menjadi sehat.

Kurangnya nutrisi yang baik akan menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lambat dan menyebabkan rambut rontok. Salah satu nutrisi  yang dibutuhkan rambut  ialah protein sebab 97% struktur rambut adalah terdiri dari protein (sumber : dunia fitness)
Protein akan membantu perkembangan sel dalam tubuh termasuk rambut. Kecepatan tumbuhnya rambut juga tergantung oleh protein yang dikonsumsi oleh tubuh. Contoh sumber protein yang bisa kita peroleh yaitu : daging, ayam, telur, ikan dan susu.

Penerapan diet yang baik tidak seharusnya mengganggu keseimbangan hormon tubuh lainnya termasuk rambut karena pada dasarnya diet bukan mengurangi nutrisi dalam tubuh namun mengatur asupan nurisi agar menjadi efektif dan tidak berlebih

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun