HyperSmash.com TAMPIL CANTIK MEMPESONA: Menghilangkan Jerawat dengan Buah Mahkota Dewa

Menghilangkan Jerawat dengan Buah Mahkota Dewa

Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa), tanaman yang kabarnya berasal dari daratan Papua ini di Jawa Tengah dan Yogyakarta dijuluki makunto dewo, makunto rojo atau makunto ratu. Orang Banten menyebutnya raja obat, karena khasiatnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sementara, orang-orang dari etnik Cina menamainya pau yang artinya obat pusaka Mahkota Dewa bisa ditemukan di pekarangan sebagai tanaman hias atau di kebun-kebun sebagai tanaman peneduh. Mahkota Dewa termasuk famili Thymelaece. Batang utama bercabang-cabang setinggi 1,5-2,5m, daunnya tunggal berbentuk lonjong dan berujung lancip. Buahnya bulat dan warnanya merah tua jika matang. Tanaman ini tumbuh subur pada ketinggian 10-1.200m dpl.


Banyak khasiat obat yang bisa kita petik dari tumbuhan ini. Setelah mengetahui khasiat tumbuhan satu ini, mungkin Anda segera berminat menanamnya. Dunia tanaman obat kini kedatangan
“pendatang baru” yang lumayan hebat. Mahkota Dewa namanya.
1.      Sebagai obat jerawat alami atau tradisional. Cara mengolah Mahkota Dewa menjadi obat jerawat adalah :
  • Ambil buah Mahkota Dewa yang masih muda. Buah Mahkota Dewa yang masih muda terbukti mempunyai daya inhibisi yang lebih tinggi daripada bagian lainnya. Hal tersebut dikarenakan buah yang masih muda mempunyai komposisi/kandungan senyawa flavonoid yang tinggi juga. Flavonoid adalah suatu antioksidan alam yang mempunyai aktivitas biologis, antara lain sebagai antioksidan yang dapat menghambat berbagai reaksi oksidasi, serta mampu bertindak sebagai pereduksi radikal hidroksil, superoksida dan radikal peroksil.
  • Setelah itu, cuci sampai bersih lalu diparut. Parutan buah Mahkota Dewa ini bisa langsung dioleskan pada wajah kita yang berjerawat.
2.      Mengobati penyakit ringan, semacam gatal-gatal, pegal-pegal atau flu, hingga penyakit berat seperti kanker dan diabetes.

3.      Ekstrak daging buahnya berkhasiat sebagai antihistamin, antialergi, bersifat sitotoksik terhadap sel kanker rahim, bersifat hapatoprotektif. Juga menurunkan kadar gula darah, antioksidan, menurunkan kadar asam urat.

4.     Dalam Mahkota Dewa terkandung alkaloid, yaitu senyawa organik berfungsi sebagai detoksifikasi dan menetralisir racun-racun di dalam tubuh.

5.     Juga terkandung saponin, yang merupakan fitonutrien, sering disebut “deterjen alam”. Senyawa ini bersifat antibakteri dan antivirus. Juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan, mengurangi kadar gula darah dan mengurangi penggumpalan darah.

6.      Mengobati penyakit pada organ hati atau jantung, hipertensi, rematik serta asam urat. Karena pada buah ini terdapat flavonoid yang berindikasikan antiperadangan dan mencegah pertumbuhan kanker. Untuk mengolahnya jadi obat pun sangat gampang. Hanya dengan menyeduh “teh racik”, yang terbuat dari kulit dan daging buah, cangkang buah atau daunnya. Bahan obat alami ini pun siap dipakai. Bila ingin menghilangkan rasa pahitnya, kita bisa sedikit bersusah payah untuk mengolahnya menjadi ramuan instan. Rasanya ditanggung lebih sedap tanpa mengurangi khasiat

 

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun